Pengikut

Selasa, 15 September 2020

Review MakananTradisional dari Jawa Barat "COMBRO''

           
COMBRO

 


 

 

        Cemilan khas Jawa Barat dari Tanah Pasundan atau Parahiyangan ini rasa aslinya gurih cenderung pedas, paling enak dinikmati selagi hangat bersama secangkir teh atau kopi. Combro makanan segala waktu artinya bisa disantap kapan aja, pagi sebelum beraktifitas,  selingan atau jam'' coffe break '' ataupun kudapan sore hari.

        Berbahan dasar singkong  dan oncom, keduanya sepakat berkolaborasi menciptakan nama sesuai keberadaan keduanya. Singkong menempati area luar sebagai benteng pertahanan yang melindungi penghuni didalam yaitu oncom. Kata ''dalam'' itu sendiri artinya jero dalam bahasa sunda, sedangkan oncom tidak ada perbedaan bahasa. Jadi nama ''COMRO''itusingkatan dari ''Oncon di Jero'', memang harus diakui orang sunda pandai dalam  urusan sinkat menyingkat makanan, contoh ''MISRO'' artinya ''Amis di Jero''atau ''CILOK'' , artinya ''Aci di Colok''.

        Ada dua jenis comro yang bisa ditemui di tatar Pasundan yaitu Comro Basah dan Comro kering. Nah Combro kering ini bisa juga disebut ''COMRING'' alias Combro Garing''. Combring ini menghasikan turunan produk dalam rasa ada combring rasa daun jeruk, rasa daun bawang dan rasa kencur, bahkan tidak menutup kemungkinan lahir rasa baru semisal combring rasa kelor, karena daun kelor mengandung sejuta manfaat.

        Combro bisa ditemukan di hampir seluruh wilayah Jawa Barat sebagai tempat produksinya kecuali Bekasi, Cirebon dan Depok. industri rumahan pun sudah banyak yang menjadi supplier combro pada toko-toko atau usat oleh-oleh khas Parahyangan. Belum afdol kalau wisata atau berkunjung ke Tatar Sunda tidak menikmati kudapan yang namanya Comro.  Sensasi pedas yang ditimbukan dari campuran oncom dan cabe plus bumbu lainnya, dijamin bisa melupakan sejenak kepenatan kita. Apalagi dihidangkan bersama secangkir teh tubruk asli olahan petani setempat hmmm, semakin tidak mau beranjak.


 

 

          Recomended banget nih untuk cemilan satu ini,anda wajib mencoba atau bisa buat sendiri dirumah,karea bahan dan cara pembuatannya pun tidak susah. Sambil saya melanjutkan PR dari Kak Irai, ijinkan saya mencicipi comro yang sudah terhidang sejak tadi.     

       

 

      

1 komentar:

Aku Dan Komunitas

 Bermain Sampah      Banyak hal yang membuat saya memilih untuk bergabung disini, bergerak bersama komunitas sesama pencinta sampah. Mungkin...