Pengikut

Senin, 28 September 2020

Aku Dan Komunitas

 Bermain Sampah

     Banyak hal yang membuat saya memilih untuk bergabung disini, bergerak bersama komunitas sesama pencinta sampah. Mungkin terdengar aneh, karena sampah identik dengan kotor, jorok, jijik ataupun hal lainnya yang menggambarkan ketidak nyamanan. Mungkin juga akan timbul pertanyaan : "Kok Sampah dicintai?"

     Tidak adakah hal lain yang lebih indah untuk dicintai, semisal kuntum bunga, kenangan bahkan seseorang? Mengapa objeknya harus sampah?

    Terkadang perjalanan ini mengundang pertanyaan yang sebenarnya tidak memerlukan jawaban, tapi perlu pembuktian, perlu action, perlu praktek bukan sekedar kata - kata dalam teori.

    Mari kita satukan & samakan dulu jawaban kita :

Apakah sampah menjijikan ?

Apakah sampah membuat kotor?

Apakah sampah menyebabkan bau?

Apakah sampah menimbulkan penyakit?

Apakah sampah membawa musibah?

Semua jawabannya adalah "YA" alias "BENAR".

Lalu apakah semua yang benar itu menjadi pembenaran ?

     Untuk menjawabnya maka saya memutuskan bergabung dengan satu komunitas yang ingin berjuang bersama menemukan jawaban atas pertanyaan dari banyak orang ketika ditanya apa pendapatnya mengenai sampah.

     Komunitas itu bernama forum Bank Sampah Bekasi ( BSB ). Didalamnya tergabung para penggiat lingkungan, pengelola Bank Sampah Unit ( BSU), para pengrajin daur ulang, pemerhati lingkungan bahkan kader kader dari sekolah Adiwiyata.

     Bank Sampah Bekasi ini menaungi lebih dari 130 Bank Sampah Unit yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten Bekasi. Bergerak bersama untuk memerangi sampah.

   Saya sendiri tergabung di dalamnya sejak tahun 2014, cukup lama juga, lebih dari satu repelita pada jamannya orde baru . Kemudian kepengurusannya diresmikan pada tahun 2015 oleh bupati kabupaten Bekasi.

   Dalam perjalanannya komunitas ini bergerak dibawah naungan Dinas Lingkungan Hidup, dan merupakan organisasi nirlaba, para kader bergerak lebih kepada sosial, demi terwujudnya linkungan yang tertata dan bersih.

    Kami dan teman teman menikmatinya, senang bisa berada disini, berbagi dan berbakti tanpa rasa terbebani.





   


3 komentar:

  1. Bagus mb..cuma bank sampah nga semua daerah ada ya

    BalasHapus
  2. Keren banget Teh. Ini di Bekasi mana, Teh? Aku sebenarnya pengen gabung sama komunitas peduli sampah, tapi masih maju mundur.. hiks. Hebat loh menurutku orang yang peduli sampah tuh..

    BalasHapus
  3. Teh Euis.. Aku masih menanti tulisan barumu.. Ayo semangat mengisi blognya..

    BalasHapus

Aku Dan Komunitas

 Bermain Sampah      Banyak hal yang membuat saya memilih untuk bergabung disini, bergerak bersama komunitas sesama pencinta sampah. Mungkin...